Label

Selasa, 20 Oktober 2015

Hiburan Untuk Yang Kehilangan Satu Permata Hati

Hiburan Untuk Yang Kehilangan Satu Permata Hati

Pertanyaan: telah datang dalil-dalil yang menunjukkan bahwasanya barangsiapa ditinggal mati dua anak atau tiga anak kecil, mereka akan menjadi pemberi syafaat baginya di hari Kiamat. Maka bagaimana jika yang mati hanya satu anak saja?
Jawaban dengan memohon pertolongan pada Alloh saja: jika anak sholih –meskipun satu anak saja- meninggal sebelum ayah bundanya, Alloh menyediakan untuk keduanya kebaikan yang besar dan berat serta mengagumkan di timbangan.
            Dari Zaid bin Abi Salam dari shohabiy yang menjadi pembantu Rosululloh صلى الله عليه وسلم yang berkata:
أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : «بخ بخ لخمس ما أثقلهن في الميزان لا إله إلا الله والله أكبر وسبحان الله والحمد لله والولد الصالح يتوفى فيحتسبه والده». وقال: «بخ بخ لخمس من لقي الله عز و جل مستيقنا بهن دخل الجنة يؤمن بالله واليوم الآخر وبالجنة والنار وبالبعث بعد الموت والحساب». (أخرجه الإمام أحمد بن حنبل (18101)/صحيح).
“Bahwasanya Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda: “Bakh bakh (kalimat kekaguman), bagi lima perkara, alangkah beratnya dia di timbangan: La ilaha illalloh wallohu akbar wa subhanallohu wal hamdulillah, dan anak sholih yang wafat dan orang tuanya mengharapkan pahala Alloh dengannya.” Beliau juga bersabda: “Bakh bakh (kalimat kekaguman), bagi lima perkara, barangsiapa berjumpa Alloh عز وجل dalam keadaan yakin dengan itu dia akan masuk Jannah: beriman pada Alloh dan Hari Akhir, beriman pada Jannah dan beriman pada Neraka, beriman pada kebangkitan setelah kematian, beriman pada hisab.” (HR. Ahmad (18101)/shohih).
            Dan anak kecil yang mati akan menjadi pemberi syafaat bagi ayah bundanya.
            Dari Mu’awiyah bin Quroh Al Muzaniy dari ayahnya yang berkata:
إن رجلا كان يأتي النبي صلى الله عليه وسلم ومعه ابن له، فقال له النبي صلى الله عليه وسلم: «أتحبه؟» فقال: يا رسول الله أحبك الله كما أحبه. ففقده النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: «ما فعل ابن فلان؟» قالوا: يا رسول الله مات، فقال النبي صلى الله عليه وسلم لأبيه: «أما تحب أن لا تأتي بابا من أبواب الجنة إلا وجدته ينتظرك؟» فقال رجل: يا رسول الله، أله خاصة أو لكلنا؟ قال: «بل لكلكم».
“Sesungguhnya ada seseorang yang biasanya mendatangi Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam dan disertai oleh anaknya. Maka Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam bertanya padanya: “Apakah engkau mencintainya?” maka dia menjawab: “Wahai Rosululloh, semoga Alloh mencintai Anda sebagaimana saya mencintai anak saya ini.” Lalu Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam kehilangan anak tadi. Maka beliau bertanya: “Ada apa dengan anak si fulan?” mereka menjawab: “Wahai Rosululloh, anak itu telah meninggal. Maka Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam berkata pada ayahnya: “Tidakkah engkau suka bahwasanya engkau tidak mendatangi suatu pintu dari pintu-pintu Surga kecuali engkau mendapatinya menunggumu?” Maka seseorang bertanya: “Wahai Rosululloh, apakah itu khusus untuk dia ataukah untuk kami semua?” beliau menjawab: “Bahkan itu untuk kalian semua.” (HR. Al Imam Ahmad (20369)/shohih).
            Al ‘Allamah Ali Al Qoriy rohimahulloh berkata tentang makna: “Menunggumu”: “Yaitu: untuk memberimu syafaat dan agar memasuki Surga bersamamu.” (“Mirqotul Mafatih”/3/hal. 1253).

والله تعالى أعلم بالصواب، والحمد لله رب العالمين

Malaysia, 23 Sya’ban 1436 H

1 komentar: