Label

Minggu, 18 Oktober 2015

Rincian Mahrom Wanita

Rincian Mahrom Wanita

قال الإمام ابن عثيمين رحمه الله: فالمحارم من القرابة سبعة:
1- الأصول؛ وهم الآباء والأجداد وإن علوا، سواء من قِبَلِ الأب أو من قِبَلِ الأم.
2- الفروع؛ وهم الأبناء وأبناء الأبناء وأبناء البنات وإن نزلوا.
3- الإخوة؛ سواءٌ كانوا إخوةً أشقاء أم لأب أم لأم.
4- الأعمام؛ سواء كانوا أعماماً أشقاء أم لأب أو لأم، وسواء كانوا
أعماما للمرأة أو لأحد من آبائها أو أمهاتها، فإن عم الإنسان عم له ولذريته منهما نزلوا.
5- الأخوال سواء كانوا أخوالا أشقاء أم لأب أم لأم، وسواء كانوا أخوالا للمرأة أو لأحد من آبائها أو أمهاتها، فإن خال الإنسان خال له ولذريته مهما نزلوا.
6- أبناء الإخوة وأبناء أبنائهم وأبناء بناتهم وإن نزلوا، سواء كانوا أشقاء أم لأب أم لأم.
7- أبناء الأخوات وأبناء أبنائهن وأبناء بناتهن وإن نزلوا، سواء كن شقيقات أم لأب أم لأم.
والمحارم من الرضاع نظير المحارم من النسب، لقول النبي - صلى الله عليه وسلم -: «يحرم من الرضاع من يحرم من النسب» . متفق عليه.
* والمحارم بالمصاهرة أربعة:
1- أبناء زوج المرأة وأبناء أبنائه وأبناء بناته وإن نزلوا.
2- آباء زوج المرأة وأجداده من قبل الأب أو من قبل الأم وإن علوا.
3- أزواج بنات المرأة وأزواج بنات أبنائها وأزواج بنات بناتها وإن نزلن.
وهذه الأنواع الثلاثة تثبت المحرمية فيهم بمجرد العقد الصحيح على الزوجة، وإن فارقها قبل الخلوة والدخول.
4- أزواج أمهات المرأة وأزواج جداتها وإن علوا، سواء من قبل الأب أو من قبل الأم، لكن لا تثبت المحرمة في هؤلاء إلا بالوطء، وهو الجماع في نكاح صحيح، فلو تزوج امرأة ثم فارقها قبل الجماع لم يكن محرما لبناتها وإن نزلن.
(انتهى من "مجموع فتاوى ورسائل العثيمين" /24/ص258-260).

Al Imam Ibnu Utsaimin rohimahulloh berkata tentang mahrom bagi seorang wanita: “Para mahrom dari kerabat itu ada tujuh:
Pertama: pokok, yaitu ayah, kakek dan terus ke atas, sama saja itu dari sisi ayah ataupun dari sisi ibu.
Kedua: cabang, yaitu anak lelaki, anak lelaki dari sisi anak lelaki, dan anak lelaki dari anak wanita, dan terus ke bawah.
Ketiga: saudara lelaki, sama saja mereka itu saudara kandung ataukah saudara seayah ataukah saudara seibu.
Keempat: paman dari sisi ayah, sama saja dia itu saudara kandung si ayah ataukah saudara seayah dari ayah, ataukah saudara seibu dari ayah. Dan sama saja apakah mereka itu paman si wanita itu, ataukah mereka itu paman si ayah, ataukah mereka itu paman si ibu, karena paman seseorang adalah paman orang itu dan paman untuk keturunannya sampai terus ke bawah.
Kelima: paman dari sisi ibu. Sama saja mereka itu saudara kandung si ibu, ataukah saudara seayah dari si ibu, ataukah saudara seibu dari si ibu. Dan sama saja, mereka itu paman si wanita tadi ataukah mereka itu paman ayah dia ataukah paman ibu dia, karena sesungguhnya paman seseorang adalah paman bagi orang itu dan bagi keturunannya sampai terus ke bawah.
Keenam: anak-anak lelaki dari para saudara. Dan juga anak lelaki dari anak lelaki mereka. Dan juga anak lelaki dari anak perempuan mereka hingga terus ke bawah. Sama saja saudara wanita tadi itu sekandung ataukah seayah, ataukah seibu.
Ketujuh:  anak-anak lelaki dari para saudari. Dan juga anak lelaki dari anak lelaki mereka. Dan juga anak lelaki dari anak perempuan mereka hingga terus ke bawah. Sama saja saudari wanita tadi itu sekandung ataukah seayah, ataukah seibu.
            Dan para mahrom dari sisi susuan adalah seperti para mahrom dari sisi nasab, berdasarkan sabda Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam:
«يحرم من الرضاع من يحرم من النسب» . متفق عليه.
“Diharomkan dengan sebab susuan orang yang diharomkan dengan sebab nasab.” (Muttafaqun ‘alaih).
            Dan para mahrom dengan sebab perbesanan itu ada empat:
Pertama: anak-anak lelaki dari suami wanita itu, dan anak lelaki dari anak lelaki suami, dan anak lelaki dari anak perempuan suami dan terus ke bawah.
Kedua: ayah suami wanita tadi, kakek suami dari sisi ayah, atau kakek suami dari sisi Ibu, dan terus ke atas.
Ketiga: suami dari anak perempuan wanita tadi, suami dari anak perempuan dari anak lelaki dia, dan suami dari anak perempuan dari anak perempuan dia dan terus ke bawah.
Tiga jenis ini, kemahromannya telah tetap pada mereka dengan semata-mata akad pernikahan yang shohih, sekalipun pria itu menceraikannya sebelum menyendiri dan menggauli wanita tadi.
Yang keempat: suami dari ibu wanita tadi, suami dari nenek wanita tadi dan terus ke atas. Sama saja: itu dari sisi ayah ataukah dari sisi ibu. Akan tetapi kemahroman tersebut tidak tetap kecuali jika suami tadi telah menggauli sang istri dalam pernikahan yang shohih. Jika pria tersebut menikahi seorang wanita, lalu dia menceraikannya sebelum dia menggaulinya, maka tidak ada kemahroman untuk anak perempuan mantan istri tersebut, dan demikianlah terus ke bawah.”

(selesai dari “Majmu’ Fatawa Wa Rosail Ibni Utsaimin”/24/hal. 258-260).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar